RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
MAN BREBES 2
PROGRAM KETEMAPILAN DI MA AL HIKMAH 2 BENDA
Mata Pelajaran : Keterampilan Las
Kelas : X (sepuluh)
Semester : Genap
Tahun : 2006-2007
Alokasi waktu : 12 x 45 menit tiap minggu
No | Materi Pembelajaran | Minggu ke | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||
12. | Kerja Bangku Lanjut | X | X | | | | | | | | |
13. | Gambar Teknik Lanjut | | | X | X | | | | | | |
14. | Logam Nonferro dan bukan logam | | | | | X | | | | | |
15. | Keselamatan dan Kesehatan Kerja | | | | | | X | | | | |
16. | Sambungan Las Busur Manual | | | | | | | X | X | X | X |
No | Materi Pembelajaran | Minggu ke | |||||||||
11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | ||
17. | Pembuatan Benda Sederhana | X | X | X | X | | | | | | |
18. | Pemeriksaan dan Pengujian Hasil Las | | | | | X | X | | | | |
Brebes, 16 Juli 2006
Mengetahui
Kepala MA Al Hikmah 2, Guru Mata Pelajaran,
H. Mukhlas Hasyim, M.A. Barnawi, S.Pd
NIP. 150295825
RENCANA PEMBELAJARAN No. 16
Mata Pelajaran : Keterampilan Las Kelas : X (sepuluh)
Materi : Las Busur Manual Waktu : 48 x 45 menit
Semester : Genap Tahun : 2006-2007
· Standar Kompetensi :
Siswa dapat menerapkan teknik pengelasan busur manual melalui pengamatan dan proses latihan secara intensif.
· Indikator :
1. Mampu mengelas konstruksi sambungan T dengan satu jalur posisi bawah tangan
2. Mampu mengelas sambungan tumpul kampuh I pelat baja lunak posisi bawah tangan.
3. Mampu mengelas sambungan kampuh V dua sisi posisi bawah tangan
4. Mampu mengelas kampuh X posisi bawah tangan
· Kompetensi Dasar :
1. Siswa mampu mengelas konstruksi sambungan T dengan satu jalur posisi bawah tangan
2. Siswa mampu mengelas sambungan tumpul kampuh I pelat baja lunak posisi bawah tangan.
3. Siswa mampu mengelas sambungan kampuh V dua sisi posisi bawah tangan
4. Siswa mampu mengelas kampuh X posisi bawah tangan
· Ringkasan Materi :
1. Persiapan alat kerja
2. Persiapan bahan
3. Pemahaman keselamatan sesuai pekerjaan (project work)
4. Langkah kerja
· Media Pembelajaran :
1. Gambar kerja
2. Peralatan utama las busur manual
3. Peralatan bantu las busur manual
4. Elektrode
· Metode / Strategi Pembelajaran :
1. Demonstrasi
2. Penugasan
· Skenario Pembelajaran :
Uraian Materi | Alokasi Waktu |
Guru membuka dengan salam. Dilanjutkan berdoa. Siswa yang piket menyiapkan peralatan kerja untuk job 1 . Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 1 | Menit ke 0 – 20 |
Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja | Menit ke 20 - 45 |
Siswa melakukan pengelasan job. 1 | Menit ke 46 - 300 |
Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan | Menit ke 301 - 345 |
Siswa menyempurnakan karya | Menit ke 346 – 400 |
Guru melakukan penilaian akhir | Menit ke 401 – 445 |
Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 2 | Menit ke 446 – 510 |
Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja | Menit ke 511 - 540 |
Guru membuka pelajaran, berdoa. Siswa menyiapkan peralatan kerja | Menit ke 541 - 550 |
Siswa melakukan pengelasan job. 2 | Menit ke 551 - 800 |
Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan | Menit ke 801 - 850 |
Siswa menyempurnakan karya | Menit ke 851 - 900 |
Guru melakukan penilaian akhir job 2 | Menit ke 901 - 945 |
Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 3 | Menit ke 946 - 960 |
Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja | Menit ke 961 - 1000 |
Siswa melakukan pengelasan job.3 | Menit ke 1001 - 1080 |
Guru membuka pelajaran , berdoa dan dilanjutkan penyiapan alat dan benda kerja untuk melanjutkan job 3 | Menit ke 1081- 1100 |
Siswa melanjutkan pengelasan job.3 | Menit ke 1101 - 1250 |
Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan | Menit ke 1251 - 1300 |
Siswa menyempurnakan karya | Menit ke 1301- 1350 |
Guru melakukan penilaian akhir job 3 | Menit ke 1351 - 1400 |
Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 4 | Menit ke 1401 - 1500 |
Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja | Menit ke 1401 - 1500 |
Siswa melakukan pengelasan job.4 | Menit ke 1500 - 1620 |
Guru membuka pelajaran , berdoa dan dilanjutkan penyiapan alat dan benda kerja untuk melanjutkan job 4 | Menit ke 1621 -1630 |
Siswa melanjutkan pengelasan job.4 | Menit ke 1631 - 1800 |
Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan | Menit ke 1801 - 1850 |
Siswa menyempurnakan karya | Menit ke 1851 - 1900 |
Guru melakukan penilaian akhir job 4 | Menit ke 1900 - 1950 |
Guru memberi waktu kepada siswa untuk memperbaiki job 1 - 4 | Menit ke 1951 - 2160 |
· Jenis Tagihan : Praktik
· Bentuk Instrumen : Jobsheet
· Instrumen : terlampir
· Catatan Kepala Madrasah :
Brebes, 31 Juli 2006
Kepala MA Al Hikmah 2, Guru Mata Pelajaran,
H. Mukhlas Hasyim, M.A. Barnawi, S.Pd
- Disparitas Pendidikan
- Transformasi Manajemen Madrasah
- Altruisme Guru
- Kinerja Guru
- Kepribadian
- PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI SEMESTER GENAP BAB AKHLAK TERPUJI DALAM PERGAULAN RE
- Pendidikan Anak Usia Dini
- PENDEKATAN BEHAVIORISME DALAM KONSELING
- Draf Pengembangan MA Bina Cendekia
- Motif Mendirikan Sekolah: Motif Pendidikan atau Ekonomi?
- anomali sekolah gratis
- Ningrat atau Umum ?!
- Soft Skills : Unsur Penting yang Terlupakan
- Korupsi di Lembaga Pendidikan
- Pemimpin yang Hebat
About Me

- Barnawi
- Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
- Saya adalah seorang pendidik, alumni pasca sarjana dalam bidang pemikiran pendidikan. Essay-assay saya dipublikasikan di Kompas Jateng, Suara Merdeka, Gerbang, Rindang, Media Pembinan, detik.com, okezone.com Pernah Menjuarai penulisan ilmiah kelompok guru di harian Kedaulatan Rakyat, menjadi finalis lomba inovasi pembelajaran di UNNES, dan menjadi pemakalah terpilih dan pembicara dalam Konferensi Guru Indonesia tahun 2007. Tahun 2008 menjadi pemakalah dalam International conference on lesson study di Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2009 terpilih sebagai penerima dana bantuan penulisan dari PUSBUK. Tahun 2010 menjadi pemenang harapan 3 lomba media pembelajaran tingkat nasional .Buku: 1. Kebijakan Publik Bidang Pendidikan.2. Profil Guru SMK Profesional 3. Editor buku Sejarah Kebudayaan Islam
My Blog List
-
Lanjutan Kalimat Adjective Dalam bahasa Inggris - Yuni’s long hair has been permed, so Yuni’s appearance is quite different. ( Rambut panjang Yuni sudah dikeritingkan, sehingga penampilan Yuni cukup berbed...3 years ago
-
Gaduh UNBK, FSGI Bilang Mendikbud Tak Cukup Hanya Minta Maaf, Lalu? - Tak hanya dunia politik, jagat pendidikan kita juga tak luput dari kegaduhan. Belakangan ini yang sedang memanas adalah sulitnya soal Ujian Nasional Berbas...6 years ago
-
Andy - Reuni akbar 30 th Alste87. Mulai nanti jam 6 pagi. KLa tampil malam. #Alste #Alste87 #smaga #semarang #reuni #reunion @ditapitarto //via Facebook ...read more8 years ago
-
-
0 comments:
Post a Comment