RENCANA PEMBELAJARAN No. 5

Mata Pelajaran : Keterampilan Las Kelas : X (sepuluh)

Materi : Las Busur Manual Waktu : 12 x 45 menit

Semester : Gasal Tahun : 2007-2008

· Standar Kompetensi :

Siswa dapat menerapkan teknik pengelasan busur manual melalui pengamatan dan proses latihan secara intensif.

· Indikator :

1. Menjelaskan pengertian las busur manual.

2. Mengidentifikasi peralatan las busur manual dengan benar.

3. Menjelaskan fungsi peralatan las busur manual dengan benar.

4. Mengidentifikasi bagian-bagian elektrode las dengan benar.

5. Menjelaskan fungsi bagian-bagian elektrode las dengan benar.

6. Menguraikan simbol elektrode dengan benar.

7. Menerapkan prosedur pengelasan busur manual dengan benar.

8. Mengidentifikasi macam-macam sambungan dan kampuh las.

9. Menggambarkan bentuk-bentuk sambungan dan kampuh las.

10. Menerapkan teknik persiapan pengelasan busur manual.

· Kompetensi Dasar

1. Siswa dapat menjelaskan pengertian las busur manual dengan benar.

2. Siswa dapat mengidentifikasi peralatan las busur manual dengan benar.

3. Siswa dapat menjelaskan fungsi peralatan las busur manual dengan benar.

4. Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian elektrode las dengan benar.

5. Siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian elektrode las dengan benar.

6. Siswa dapat menguraikan simbol elektrode dengan benar.

7. Siswa dapat menerapkan prosedur pengelasan busur manual dengan benar.

8. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam sambungan dan kampuh las.

9. Siswa dapat menggambarkan bentuk-bentuk sambungan dan kampuh las.

10. Siswa dapat menerapkan teknik persiapan pengelasan busur manual.

· Ringkasan Materi :

1. Peralatan las busur manual

a. Pengertian las busur manual.

b. Busur las

c. Peralatan utama las busur manual

d. Peralatan bantu las busur manual

2. Elektrode dan prosedur pengelasan

a. Elektrode dan bagian-bagiannya

b. Fungsi elektrode

c. Ukuran elektrode

d. Simbol elektrode

e. Pemilihan elektrode

f. Pengaturan arus

g. Prosedur pengelasan

3. Persiapan las

a. Benruk-bentuk sambungan dan bentuk kampuh las

b. Teknik pembuatan persiapan las

c. Posisi pengelasan

· Media Pembelajaran :

1. Buku las busur manual

2. Peralatan utama las busur manual

3. Peralatan bantu las busur manual

4. Elektrode

· Metode / Strategi Pembelajaran :

1. Tanya Jawab

2. Demonstrasi

3. Penugasan

· Skenario Pembelajaran :

Uraian Materi

Alokasi Waktu

Siswa dan guru telah membawa buku Las Busur Listrik (MAW). Guru membuka pelajaran dengan salam. Berdo’a dilanjutkan tanya jawab(apersepsi) tentang masalah konstruksi las, bagaimana membuat konstruksi ?

Menit ke 0 – 10

Pengertian las busur manual dan busur las listrik

Menit ke 11 – 20

Peralatan utama las busur manual mendekat pada peralatan las, menjelaskan pengertian dan fungsinya

Menit ke 21 – 50

Peralatan bantu dan keselamatan kerja las busur manual, mendekat pada peralatan las, menjelaskan pengertian dan fungsinya

Menit ke 51 – 100

Identifikasi bagian, fungsi bagian dan keseluruhan elektrode

Menit ke 101 – 145

Pemilihan elektrode dan pengaturan arus pada las busur manual

Menit ke 146 – 160

Prosedur pengelasan awal

Menit ke 161 – 200

Teknik dasar pengelasan yang meliputi penyalaan, titik awal busur, kecepatan pengelasan, mematikan busur dan menyambung rigi-rigi las disertai demontrasi penerapannya. Kemudian siswa mengikuti satu per satu latihan prosedur pengelasan dengan cermat

Menit ke 201 – 450

Evaluasi hasil latihan prosedur pengelasan

Menit ke 451 – 470

Bentuk-bentuk sambungan dan kampuh las disertai contoh benda hasil las

Menit ke 471 – 500

Posisi pengelasan pada pelat dan pipa

Menit ke 501 – 515

Post test

Menit ke 516 – 540

· Jenis Tagihan : Ulangan harian

· Bentuk Instrumen : Uraian singkat

· Instrumen :

1. Sebutkan peralatan utama las busur manual dan peralatan bantu las busur manual serta fungsinya.

2. Gambarkan bagian-bagian elektrode.

3. Sebutkan fungsi salutan dalam elektrode.

4. Bagaimanakah cara pengaturan arus dalam las busur manual?

· Catatan Kepala Madrasah :

Brebes, 31 Juli 2007

Kepala MA Al Hikmah 2, Guru Mata Pelajaran,

H. Mukhlas Hasyim, M.A. Barnawi, S.Pd, M.S.I

0 comments:

About Me

My photo
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang pendidik, alumni pasca sarjana dalam bidang pemikiran pendidikan. Essay-assay saya dipublikasikan di Kompas Jateng, Suara Merdeka, Gerbang, Rindang, Media Pembinan, detik.com, okezone.com Pernah Menjuarai penulisan ilmiah kelompok guru di harian Kedaulatan Rakyat, menjadi finalis lomba inovasi pembelajaran di UNNES, dan menjadi pemakalah terpilih dan pembicara dalam Konferensi Guru Indonesia tahun 2007. Tahun 2008 menjadi pemakalah dalam International conference on lesson study di Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2009 terpilih sebagai penerima dana bantuan penulisan dari PUSBUK. Tahun 2010 menjadi pemenang harapan 3 lomba media pembelajaran tingkat nasional .Buku: 1. Kebijakan Publik Bidang Pendidikan.2. Profil Guru SMK Profesional 3. Editor buku Sejarah Kebudayaan Islam