RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)

MAN BREBES 2

PROGRAM KETEMAPILAN DI MA AL HIKMAH 2 BENDA

Mata Pelajaran : Keterampilan Las

Kelas : X (sepuluh)

Semester : Genap

Tahun : 2006-2007

Alokasi waktu : 12 x 45 menit tiap minggu

No

Materi Pembelajaran

Minggu ke

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

12.

Kerja Bangku Lanjut

X

X

13.

Gambar Teknik Lanjut

X

X

14.

Logam Nonferro dan bukan logam

X

15.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

X

16.

Sambungan Las Busur Manual

X

X

X

X

No

Materi Pembelajaran

Minggu ke

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

17.

Pembuatan Benda Sederhana

X

X

X

X

18.

Pemeriksaan dan Pengujian Hasil Las

X

X

Brebes, 16 Juli 2006

Mengetahui

Kepala MA Al Hikmah 2, Guru Mata Pelajaran,

H. Mukhlas Hasyim, M.A. Barnawi, S.Pd

NIP. 150295825

RENCANA PEMBELAJARAN No. 16

Mata Pelajaran : Keterampilan Las Kelas : X (sepuluh)

Materi : Las Busur Manual Waktu : 48 x 45 menit

Semester : Genap Tahun : 2006-2007

· Standar Kompetensi :

Siswa dapat menerapkan teknik pengelasan busur manual melalui pengamatan dan proses latihan secara intensif.

· Indikator :

1. Mampu mengelas konstruksi sambungan T dengan satu jalur posisi bawah tangan

2. Mampu mengelas sambungan tumpul kampuh I pelat baja lunak posisi bawah tangan.

3. Mampu mengelas sambungan kampuh V dua sisi posisi bawah tangan

4. Mampu mengelas kampuh X posisi bawah tangan

· Kompetensi Dasar :

1. Siswa mampu mengelas konstruksi sambungan T dengan satu jalur posisi bawah tangan

2. Siswa mampu mengelas sambungan tumpul kampuh I pelat baja lunak posisi bawah tangan.

3. Siswa mampu mengelas sambungan kampuh V dua sisi posisi bawah tangan

4. Siswa mampu mengelas kampuh X posisi bawah tangan

· Ringkasan Materi :

1. Persiapan alat kerja

2. Persiapan bahan

3. Pemahaman keselamatan sesuai pekerjaan (project work)

4. Langkah kerja

· Media Pembelajaran :

1. Gambar kerja

2. Peralatan utama las busur manual

3. Peralatan bantu las busur manual

4. Elektrode

· Metode / Strategi Pembelajaran :

1. Demonstrasi

2. Penugasan

· Skenario Pembelajaran :

Uraian Materi

Alokasi Waktu

Guru membuka dengan salam. Dilanjutkan berdoa. Siswa yang piket menyiapkan peralatan kerja untuk job 1 . Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 1

Menit ke 0 – 20

Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja

Menit ke 20 - 45

Siswa melakukan pengelasan job. 1

Menit ke 46 - 300

Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan

Menit ke 301 - 345

Siswa menyempurnakan karya

Menit ke 346 – 400

Guru melakukan penilaian akhir

Menit ke 401 – 445

Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 2

Menit ke 446 – 510

Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja

Menit ke 511 - 540

Guru membuka pelajaran, berdoa. Siswa menyiapkan peralatan kerja

Menit ke 541 - 550

Siswa melakukan pengelasan job. 2

Menit ke 551 - 800

Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan

Menit ke 801 - 850

Siswa menyempurnakan karya

Menit ke 851 - 900

Guru melakukan penilaian akhir job 2

Menit ke 901 - 945

Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 3

Menit ke 946 - 960

Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja

Menit ke 961 - 1000

Siswa melakukan pengelasan job.3

Menit ke 1001 - 1080

Guru membuka pelajaran , berdoa dan dilanjutkan penyiapan alat dan benda kerja untuk melanjutkan job 3

Menit ke 1081- 1100

Siswa melanjutkan pengelasan job.3

Menit ke 1101 - 1250

Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan

Menit ke 1251 - 1300

Siswa menyempurnakan karya

Menit ke 1301- 1350

Guru melakukan penilaian akhir job 3

Menit ke 1351 - 1400

Guru mendemonstrasikan cara pengerjaan job. 4

Menit ke 1401 - 1500

Siswa menyiapkan benda kerja dengan memotong, mengikir, dan mengamplas benda kerja

Menit ke 1401 - 1500

Siswa melakukan pengelasan job.4

Menit ke 1500 - 1620

Guru membuka pelajaran , berdoa dan dilanjutkan penyiapan alat dan benda kerja untuk melanjutkan job 4

Menit ke 1621 -1630

Siswa melanjutkan pengelasan job.4

Menit ke 1631 - 1800

Guru memeriksa hasil pengelasan sementara, selanjutkan menilai karya siswa, karya dikembalikan untuk disempurnakan

Menit ke 1801 - 1850

Siswa menyempurnakan karya

Menit ke 1851 - 1900

Guru melakukan penilaian akhir job 4

Menit ke 1900 - 1950

Guru memberi waktu kepada siswa untuk memperbaiki job 1 - 4

Menit ke 1951 - 2160

· Jenis Tagihan : Praktik

· Bentuk Instrumen : Jobsheet

· Instrumen : terlampir

· Catatan Kepala Madrasah :

Brebes, 31 Juli 2006

Kepala MA Al Hikmah 2, Guru Mata Pelajaran,

H. Mukhlas Hasyim, M.A. Barnawi, S.Pd

0 comments:

About Me

My photo
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang pendidik, alumni pasca sarjana dalam bidang pemikiran pendidikan. Essay-assay saya dipublikasikan di Kompas Jateng, Suara Merdeka, Gerbang, Rindang, Media Pembinan, detik.com, okezone.com Pernah Menjuarai penulisan ilmiah kelompok guru di harian Kedaulatan Rakyat, menjadi finalis lomba inovasi pembelajaran di UNNES, dan menjadi pemakalah terpilih dan pembicara dalam Konferensi Guru Indonesia tahun 2007. Tahun 2008 menjadi pemakalah dalam International conference on lesson study di Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2009 terpilih sebagai penerima dana bantuan penulisan dari PUSBUK. Tahun 2010 menjadi pemenang harapan 3 lomba media pembelajaran tingkat nasional .Buku: 1. Kebijakan Publik Bidang Pendidikan.2. Profil Guru SMK Profesional 3. Editor buku Sejarah Kebudayaan Islam