MANFAAT BLOG SEKOLAH DALAM MEMONITORING HASIL SISWA

Akhir-akhir ini blog sangat menjamur di dunia internet. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini sudah banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.

Sebenarnya apakah blog itu? Blog adalah kependekan dari web dan log. Log adalah simpanan, merupakan kata yang sering dipakai baik dalam dunia komputer (data log) hingga urusan belanja (logistik). Simpanan emosi/jiwa manusia dikeluarkan menjadi sebuah uneg-uneg, dan karena penyampaiannya lewat media web maka dinamakan weblog, atau disederhanakan lagi menjadi Blog. Jadi Istilah weblog, merunut dari sejarah awanya, digunakan untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan adanya komentar-komentar mereka sendiri. Dengan blog siapapun bisa menjadi penulis, paling tidak untuk dirinya sendiri. Blog bisa menjadi sebuah diary yang ditulis setiap saat dan dimana saja sepanjang bisa koneksi internet.

Ngeblog ato bikin blog di dunia maya seolah menjadi trendsetter bagi kebanyakan orang. Jika dulu punya email sudah cukup menjadi kebutuhan, sekarang trend berpihak kepada Blog. Orang muda, orang tua, orang kota, orang desa, artis, selebrity, kuli tinta, mahasiswa, hingga pelajar telah memiliki blog dengan berbagai ragam tujuannya. Sebagian karena gengsi tapi kemudian berlanjut menjadi kebutuhan setelah banyak manfaat yang diambil. Setidaknya aada beberapa hal yang bisa kita ambil manfaatnya dari blog :

  • sebagai sarana untuk menuangkan ide pikiran ataupun kreatifitas seseorang
  • wadah untuk berbagi dengan keluarga, sahabat yg terpisahkan oleh jarak
  • sebagai sarana untuk promosi dlm rangka memasarkan produk2 yg kita tawarkan
  • sebagai tempat cadangan untuk menyimpan file pribadi baik itu foto, video, dokumen dll.
  • sebagai media korespondsi dengan sahabat, keluarga jauh, handai taulan dan lainnya. Dari media ini blogger bisa mengobati rasa kangen dengan meng-upload foto-foto ke blog dan tinggal mengabarkan alamat blog kepada kerabat tersebut.

Ramainya populasi blog dalam ranah online tak lepas dari karakter blog itu sendiri. Blog menjadi sarana luapan paling efektif daripada media lain yang terbatas. Blog mampu melewati berbagai lintas tujuan dan manfaat seperti diatas. Karakter ini tercermin dari apa yang diberikan oleh fasilitas editor blog berbasis grafis. Semua media blog memberi fasilitas yang sangat minimal, hanya pemberi ketebalan, tanda kutipan, urutan, dan coretan. Ini tak lepas dari sifat blog yang berangkat dari kejujuran penulisnya ketika tanpa malu lagi mencoret kalimat yang salah tanpa harus menghapusnya. Seorang blogger harus berani menandai sebuah kutipan jika memang kalimat tersebut bukan miliknya.

Blog bukanlah merupakan karya tulis, karya ilmiah, atau jurnalistik. Walau begitu, banyak kaum jurnalis yang memanfaatkan blog untuk menunjukkan kebagusan tulisannya. Karena dari Blog segalanya bisa berawal hingga akhirnya berbagai macam jenis blog bisa ditemukan, mulai dari Blog Politik yang berisi tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye). Blog pribadi yang seringkali disebut sebagai buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman. Blog bisnis, yang digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka, hingga blog pendidikan yang umumnya ditulis oleh pelajar atau guru.

Terkait dengan jenis blog pendidikan, blog bisa menjadi sarana menuangkan ilmu. Blog bisa menjadi media pembelajaran. Blog bisa juga menjadi sarana berbagi ilmu, karena dalam blog seseorang bisa memberikan komentar pada tulisan kita. Penerapan blog untuk bidang pendidikan sangatlah membantu proses pembelajaran. Dengan memaksimalkan pemanfaatan blog dalam di bidang pendidikan diharapkan menjadi media yang dapat mengangkat citra dan kompetensi pendidik dibidangnya. Seperti yang dikatakan oleh Direktif
…, jika memang ada mata pelajaran menulis di Internet, mulailah dengan rasa kecintaan akan menulis, kemauan akan berbagi ilmu pengetahuan, keindahan bercakap-cakap antarmanusia, dan suka cita gairah menyambut sikap saling menghargai antarsesama.

Unsur utama dari Blog adalah tulisan, selebihnya grafis, sound, dan lain-lain. Dengan keberanian menulis di blog tentunya menjadi ajang monitoring banyak orang, terlebih oleh tenaga pengajar di sekolah itu sendiri. Siswa yang sudah terkontaminasi jaman oleh budaya sms yang merusak bahasa bisa berangsur mulai membenahi tulisannya, dari semula yang banyak coretan di Blognya hingga menjadi bersih sesuai dengan bahasa yang baik dan benar.

Etika Ngeblog
Menjadi blogger memang berada pada posisi independent, namun posisi tersebut tidaklah bebas nilai dan norma. Ada beberapa kasus blogger yang masuk penjara karena menulis sembarangan dan serampangan yang merugikan orang lain sehingga bermasalah dengan hukum. Untuk itu blogger harus berhati-hati jika mau mengulas dan menulis orang lain atau kebijakan orang lain karena tulisan tersebut rentan dengan permasalahan hukum.
Adanya blog adalah lahan subur bagi siapa saja yang penting memegang etika.

4 comments:

ulumuddin said...

bener ... ngeblog sudah menjadi kebutuhan bagiku.. meski pemula kaya aku.

Bidan-Smart-Blog said...

Saya setuju dengan artikel di atas dan sudah merasakan manfaat ngeblog. Saya bisa bebas menulis apa saja dengan tetap terkontrol dalam hal tema dan tujuan menulis. Bisa berbagi, menjadi ebih kretaiv menulis, ajang promosi dan menambah wawasan serta pergaulan.. ngeblog is't my hobby now.

Alleicya_ said...

waahh.. trimakasih atas informasinya klo boleh saya tahu,,, ada gak dampak negatif dari pemanfaatan media blog bagi pengguna pribadi dan konsumen???

Tips Membeli Kebutuhan Traveling Online said...

Terima kasih atas informasinya

About Me

My photo
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang pendidik, alumni pasca sarjana dalam bidang pemikiran pendidikan. Essay-assay saya dipublikasikan di Kompas Jateng, Suara Merdeka, Gerbang, Rindang, Media Pembinan, detik.com, okezone.com Pernah Menjuarai penulisan ilmiah kelompok guru di harian Kedaulatan Rakyat, menjadi finalis lomba inovasi pembelajaran di UNNES, dan menjadi pemakalah terpilih dan pembicara dalam Konferensi Guru Indonesia tahun 2007. Tahun 2008 menjadi pemakalah dalam International conference on lesson study di Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2009 terpilih sebagai penerima dana bantuan penulisan dari PUSBUK. Tahun 2010 menjadi pemenang harapan 3 lomba media pembelajaran tingkat nasional .Buku: 1. Kebijakan Publik Bidang Pendidikan.2. Profil Guru SMK Profesional 3. Editor buku Sejarah Kebudayaan Islam