Disorientasi Pendidikan

Sekolah sebagaimana organisasi lainnya mempunyai target, arah, dan tujuan sesuai dengan visi dan misinya. Dalam realitasnya, dengan berbagai macam redaksional visi dan misi dari setiap sekolah, toh tujuannnya hampir sama yakni memproduksi lulusan dengan produk yang relatif seragam. Tujuan tersebut tak lain adalah meluluskan siswa tanpa atau kurang memperhatikan kompetensi yang lainnya, sekedar memenuhi limit nilai kelulusan secara kuantitatif. Sekolah kini tidak ubahnya sebagai industri yang menghasilkan produk massal, tanpa ada hal yang bersifat spesifik. Lalu dimana arah persekolahan kita?.
Pertanyaan arah adalah pertanyaan yang kritis. Terdapat kecenderungan yang relatif sama bahwa arah pendidikan telah terbelokkan. Pendidikan kini menjadi dangkal, dari learning menjadi teaching to test. Selanjutnya mudah ditebak, guru dalam pembelajaran di kelas cenderung menggunakan cooking book, siap saji, dan jika perlu dengan model smart solution, sehingga guru cenderung menyajikan hal-hal yang lebih sistematis. Model seperti ini semakin menjauhkan siswa dari bangunan keilmuan, sehingga pendidikan sebagai upaya peletakan dasar disiplin-disiplin intelektual yang terorganisasi seperti dalam dunia ilmu pengetahuan yang matang semakin jauh. Akibat dari model pembelajaran yang instan adalah kematian berpikir logis analitis.
Memang pembelajaran dengan model siap saji adalah sebagai sebuah jawaban dari regulasi yang berkaitan dengan sistem evaluasi, meskipun demikian mestinya dunia pendidikan tidak terseret dalam satu kebijakan dengan mengorbankan banyak kepentingan dan idealisme, utamanya yang berkaitan dengan keilmuan.

Kembali pada Filsafat Ilmu
Disorientasi ilmu dalam dunia pendidikan jika ditelaah berakar pada semakin ditinggalkannya filsafat ilmu. Bahkan tiga pilar ilmu (dalam setiap mata pelajaran) yang terdiri dari ontologi, epistemologi, dan aksiologi tidak disampaikan secara holistik, atau mungkin tidak diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Penulis sebagai pendidik sering mencermati bahwa pembelajaran terbatas pada ontologi an sich, sehingga tidak dicapai proses dan tidak mempunyai kaitan dengan tata nilai dalam bermasyarakat.
Ketidakberdayaan dalam epistemologi menjadi titik lemah dalam membangun metodologi keilmuan. Dalam banyak kasus siswa mampu hafal banyak rumus atau teori saat menghadapi ujian, namun akan segera hilang saat ujian telah berlalu, dan lebih parah lagi siswa hanya mampu menyelesaikan soal jika pertanyaan sama persis dengan rumus yang dihafal. Banyak siswa yang bingung setelah rumus diubah-ubah meskipun substansinya sama, hal ini menunjukkan bahwa pola pikir siswa sangat mekanis, seperti robot yang tidak punya naluri untuk improvisasi, inovasi, dan lebih-lebih analisis.
Kemandekan dalam epistemologi adalah kematian kreativitas dan kematian dasar-dasar keilmuan. Jika kondisi ini dibiarkan maka peningkatan sumber daya insani akan susah dicapai, sebab yang dihasilkan sampai dengan saat ini hanyalah siswa – siswa yang sekedar hafal rumus ataupun teori Fisika, Kimia, Biologi, PPKn dan mata pelajaran lainnya, namun tidak tahu asal-usul rumus dan bangunan keilmuan dari materi yang dipelajari.
Membangun epistemologi keilmuan berarti mengkonstruksi keilmuan. Mengkonstruksi keilmuan berkaitan erat dengan filsafat konstruksivisme. Dalam filsafat konstruktivisme pengetahuan merupakan hasil konstruksi bukanlah suatu imitasi dari kenyataan. Pengetahuan dikonstruk dari konstruksi kognitif melalui pengalaman, dan proses mengkonstruksi itulah siswa terlibat dalam kegiatan berepistemologi.
Aksiologi (nilai-nilai dari ilmu atau bidang kajian) memegang peran yang sangat vital dalam norma dan tata hidup umat manusia baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Aksiologi penting disampaikan karena setiap materi yang diajarkan mengandung nilai (value bound) dan tidak bebas nilai (value free). Tanpa disampaikannya unsur aksiologi dari setiap kajian akan sangat membahayakan bagi kehidupan umat manusia. Ketiadaan unsur aksiologi menjadikan kimia sebagai bagian dari senjata pemusnah masal, biologi akan menjadi racun yang mematikan, dan lain sebagainya. Hanya saja problem yang tetap ada adalah bagaimana menyampaikan unsur aksiologi dari setiap ilmu yang efektif?. Bukankah dalam semua pendidikan agama diajarkan hal yang benar/salah, halal/haram, legal/illegal namun perilaku menyimpang selalu ada?.
Memang out put pendidikan selama ini banyak yang menjadi shizofrenia dimana mereka sadar akan hukum dan tata nilai namun tetap melanggar. Ini menunjukkan pendidikan belum mampu membangun jiwa out putnya secara maksimal, katakanlah caracter building. Namun kita juga sepakat bahwa bangunan jiwa tidak saja dipengaruhi oleh proses pendidikan tetapi juga lingkungan, keluarga, dan rizki yang dimakan.
Betapapun susahnya membangun jiwa out put pendidikan, yang jelas penyampaian aksiologi sebagai satu dari tiga pilar bidang kajian akan sangat penting, sebab tidak saja menjadi sebuah pengetahuan dari kemamfaatan ilmu namun juga menjadi peletakan dasar-dasar nilai bidang kajian yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan.
Ontologi, epistemologi, dan aksiologi sebagai pilar keilmuan harus senantiasa diperjuangkan untuk selalu hadir dalam pembelajaran di sekolah. Tanpa adanya penyampaian dari ketiganya maka pendidikan akan menjadi hambar dan hanya menghasilkan siswa-siswa yang sekedar hafal rumus dan teori dari setiap pengetahuan namun kering makna.

0 comments:

About Me

My photo
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang pendidik, alumni pasca sarjana dalam bidang pemikiran pendidikan. Essay-assay saya dipublikasikan di Kompas Jateng, Suara Merdeka, Gerbang, Rindang, Media Pembinan, detik.com, okezone.com Pernah Menjuarai penulisan ilmiah kelompok guru di harian Kedaulatan Rakyat, menjadi finalis lomba inovasi pembelajaran di UNNES, dan menjadi pemakalah terpilih dan pembicara dalam Konferensi Guru Indonesia tahun 2007. Tahun 2008 menjadi pemakalah dalam International conference on lesson study di Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2009 terpilih sebagai penerima dana bantuan penulisan dari PUSBUK. Tahun 2010 menjadi pemenang harapan 3 lomba media pembelajaran tingkat nasional .Buku: 1. Kebijakan Publik Bidang Pendidikan.2. Profil Guru SMK Profesional 3. Editor buku Sejarah Kebudayaan Islam