Ayo Lestarikan Hutan

Lestari hutanku, lestari alamku, lestari tanah airku. Lestari adalah kelanggengan, keberlanjutan, sustainability, lestari tidak ada jika tidak diciptakan. Salah satu unsur kehidupan yang harus dilestarikan adalah kelestarian lingkungan hidup. Hutan merupakan salah satu bagian penting dari lingkungan hidup, bahkan bagian terpenting karena hutan adalah paru-paru dunia.
Banyak cara untuk melestarikan hutan, setiap individu memiliki cara tersendiri, namun banyak yang tidak memanfaatkan kapasitas diri untuk melestarikan hutan, bahkan terkadang justru merusaknya baik disadari maupun tidak. Hal penting yang perlu ditanamkan pada setiap individu adalah bagaimana berperan atau berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian hutan sebagai bagian terpenting dari lingkungan hidup. Partisipasi dari setiap individu ada jika ada yang menjadi volunteer dan ada yang mengajak . Untuk itu setidak-tidaknya yang perlu dilakukan adalah mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk melestarikan hutan.
Tidak semua individu tertarik dan mau mengikuti ajakan seseorang. Itu wajar, karena bisa jadi ajakan tidak menarik, susah dimengerti, tidak operasional, atau ajakan itu hanya sekedar jargon yang tendensius. Bahkan bisa jadi ajakan itu disikapi secara skeptis jika dilakukan oleh figur-figur yang memiliki track record kurang bagus dimata masyarakat. Mengajak tidak cukup hanya dengan wacana dan tidak cukup pula melalui iklan di media cetak atau elektronik. Ajakan akan diikuti jika ajakan itu menyentuh hati individu yang diajak. Dengan kata lain ajakan itu harus mampu menghipnosis individu yang diajak.
Mengajak yang efektif
Meminta seseorang untuk mengikuti kemauan kita tentu harus memperhatikan banyak hal antara lain waktu, karakteristik yang diajak, dan mengemas isi ajakan dengan baik. Waktu menjadi variabel penting yang haruis diperhatikan, ajakan tidak efektif jika kondisi masyarakat sedang kacau, chaos karena faktor ekonomi, alam, dan atau isu politik yang tidak menentu.

0 comments:

About Me

My photo
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang pendidik, alumni pasca sarjana dalam bidang pemikiran pendidikan. Essay-assay saya dipublikasikan di Kompas Jateng, Suara Merdeka, Gerbang, Rindang, Media Pembinan, detik.com, okezone.com Pernah Menjuarai penulisan ilmiah kelompok guru di harian Kedaulatan Rakyat, menjadi finalis lomba inovasi pembelajaran di UNNES, dan menjadi pemakalah terpilih dan pembicara dalam Konferensi Guru Indonesia tahun 2007. Tahun 2008 menjadi pemakalah dalam International conference on lesson study di Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2009 terpilih sebagai penerima dana bantuan penulisan dari PUSBUK. Tahun 2010 menjadi pemenang harapan 3 lomba media pembelajaran tingkat nasional .Buku: 1. Kebijakan Publik Bidang Pendidikan.2. Profil Guru SMK Profesional 3. Editor buku Sejarah Kebudayaan Islam